Jobseeker Journey #3 Management Trainee Alfamart

Assalamualaikum readers,
Hari ini Nindina mau sharing pengalaman tes tertulis dan wawancara MT Alfamart

http://www.alfamartku.com
Jadi, aku dapet lowongan ini dari Job Fair UNS. Di jobfair itu ada booth alfamart dan alfamidi, daftar deh aku. Disitu sama petugas cuma suruh ngumpulin CV dan ngisi biodata di laptop. Setelah ngisi, petugas ngasih jadwal tes, yaitu hari berikutnya wkwkwk.
Syarat tes tertulis harus bawa foto kopi buku tabungan, fotokopi kk, dan fotokopi-fotokopi tak terduga lainnya. karena dokumen-dokumen itu ketinggalan di jogja (lokasi tes di UNS), aku ga bawa itu. cuma bawa seadanya, kayak fotokopi ijazah, fotokopi transkrip, dll aja.
Program MT Alfamart ini akan berangsung selama 24 bulan. pada bulan 1-12 akan terjadi proses cutting (di eliminasi). jadi tahapan tesnya itu kita dimulai dari kerja jadi karyawan di toko (ngepel,nyapu), sampe training jadi petinggi di kantor. nah training itu selama 24 bulan. pada bulan 25 biasanya udah bisa jadi manager, tapi ada juga yang sebelum bulan 24 udah jadi manager karena emang kemampuannya oke.

TES TERTULIS
Tes seharusnya dimulai pukul 8, tapi sampe jam 8 petugas tes belum datang. akhirnya tes dimulai sekitar 8.30an. ter tertulis berisi tes sinonim antonim, deret angka, tes pengetahuan umum (tagalog adalah bahasa ......, ibu kota negara X adalah .....), juga ada tes gambar jungkir balik.
Setelah tes ini, ada tes bahasa inggris. soalnya seperti tes toefl tapi gaada listening nya.

PSIKOTES
Hasil tes yang tadi dikerjain langsung dikoreksi sama petugas, jadi kita tidak diperbolehkan meninggalkan lokasi tes. setelah koreksi selesai, daftar yang tidak lolos diumumkan, yang lolos langsung tes psikotes dan wawancara. soal psikotes itu lebih banyak ke bagaimana respon kita terhadap suatu masalah (jawaban ya/tidak), dan juga tes mengenai bagaimana style management kita.

TES WAWANCARA
Setelah psikotes yang cukup menguras energi berakhir, ishoma pun datang. haaaah lega akhirnya bisa lunch lalu sholat. pewawancara ada 3 orang, kami dipanggil satu per satu berdasarkan nomor ujian. waktu wawancara berkisar antara 10-15 menit per orangnya. pertanyaan wawancara kali ini berbeda dengan yang sebelumnya. pertanyaannya mencakup CV. jadi, petugas hanya mengutak-atik hal-hal yang ada di CV, masalah apa yang ditemui di organisasi, cara mengatasinya, dsb.

Setelah tes wawancara, kami dipersilakan pulang lalu menunggu telfon berdering untuk memastikan bahwa kami lolos. saat post ini aku tulis, ini sudah hampir satu bulan dari pelaksanaan tes dan belum juga mendapatkan panggilan :) gapapa, aku menguatkan hati dengan yakin bahwa sabar dan sholat adalah media, insyaallah.

buat kamu-kamu yang besok atau beberapa hari lagi mau tes MT Alfamart, siapkan diri sebaik mungkin ya. semoga kita diberikan yang terbaik oleh Allah. Semangat yaaa.

semoga sharing ku kali ini bermanfaat

CONVERSATION

1 komentar:

  1. semangat kak, aku juga hari selasa besok ada psikotes dan interview di HO alfamidi cikokol tangenrang. kakak sekarang udh kerja dmn?

    BalasHapus

Back
to top