Jobseeker Journey #4 CPNS 2017, Nilai tertinggi tapi nggak lolos?

PENGALAMAN REKRUTMEN CPNS 2017

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, readers.
How are you? Hv a nice day ya semuanya.
Hari ini aku mau share pengalamanku yang aku gatau harus sedih atau seneng. Yang jelas sih harus bersyukur hehehe.
Jadi, bulan oktober (kalo ga salah) 2017, ada pembukaan lowongan CPNS besar-besaran dari 60 lebih kementerian. Gelombang 1 adalah CPNS Kemenkumham, aku udah maudaftar tuh, tapi ternyata aku kelupaan, jadi yaudah deh, ikhlas. Alhamdulillahnya ada gelombang 2, ternyata Kementeriannya lebih banyak. Lowongan terbesar untuk jurusan manajemen adalah Kemenkeu, tapi aku nggak boleh daftar karena menurut orang tuaku bakal banyak saingan dengan otak yang cemerlang. Oke, aku daftar kementerian lain. Setelah lihat jumlah formasi yang dibutuhkan, aku daftar di KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan). Ada 15 kursi yang diperebutkan anak jurusan manajemen dan jurusan kelautan perikanan lain. Ada hal aneh yang aku rasain saat pendaftaran online :
1.       Aku pengennya daftar formasi umum (bukan formasi cumlaude) karena aku mikirnya pasti kalo cumlaude saingannya ngeri-ngeri. Eh ternyata ke klik formasi cumlaude. Yaudah lah ya, aku lanjut aja.
2.       Setelah ngisi jalur seleksi, ngisi formasi. Nah, aku awalnya milih formasi A dengan jumlah kursi 15. Eh ternyata ke klik formasi B yang jumlah kursinya Cuma 2.
Sedih banget kan ya, udah ke klik, ga bisa balik buat ngedit. Udah tuh, aku udah yakin, pasti Allah punya maksud dibalik semua ini. Kalian boleh percaya atau nggak, entah itu karena sinyalku yang naik turun atau karena faktor X, tapi itu bener-bener kejadian.

SELEKSI 1 ADMINISTRASI

Alhamdulillah aku lolos seleksi administrasi, aku harus ke Balai KKP di deket Adisucipto untuk verifikasi berkas. Disana verifikasi berjalan cepat dan teratur, kondusif pokoknya, sip. Paling Cuma 5 menit. Diperiksa berkasnya terus dikasih pin sama record sidik jari buat tes CAT nanti.
Setelah itu, aku browsing tes nya apa aja, ternyata ada TKD (Tes Kompetensi Dasar), aku cari modul online, terus gabung di grup orang-orang yang belajar bareng buat CPNS gitu. Di grup itu aku banyak terbantu. Belajarnya jadi enak, terarah.
Sebenernya aku belajar buat CPNS ga maksimal sih, aku belajar Cuma 4 hari, kalo di kalkulasi paling Cuma efektif selama 4 jam.

SELEKSI 2 TKD

Terus keluar jadwal seleksi TKD. Aku seleksi di gedung BKN Yogyakarta, flyover Jombor masih ke utara nanti kanan jalan. Disana ada 4 kali pemeriksaan :
1.       Pemeriksaan dress code, termasuk sepatu, sesuai apa nggak, yang ga sesuai ya harus menyesuaikan. Kemaren ada yang pake sepatu kayak sepatu running gitu, ga boleh, terus karena panitianya ga tega, akhirnya dia di hukum, suruh nyanyi kalo ga salah, eh terserah ding, terus akhirnya di abaca surat Al-Ikhlas wkwkwk (btw, itu temen SMA ku).
2.       Terus absen pake pin yang udah dikasi pas verifikasi berkas
3.       Pemeriksaan saku oleh petugas, pemeriksaan tas, lalu tas dititipkan, Cuma boleh bawa kartu peserta sama KTP
4.       Setelah tiba waktu ujian, kami masuk satu persatu, lalu diperiksa sampai dalaman bajunya juga (buat aku yang berjilbab, jilbab diraba dari dalam sama petugas, bagian (maaf) bra juga dicek). Peserta cewek dicek oleh petugas cewek tentunya.
5.       Setelah itu masuk ruangan, dijelasin cara ngerjain, terus ngerjain.
Positifnya aku masuk jalur cumlaude adalah : ga pake passing grade. Jadi begitu selesai ujian langsung keluar nilainya, dan nilaiku jelek banget. Kalo aku masuk jalur umum, aku ga lolos gara-gara nilaiku ga lolos passing grade.
Aku disitu pasrah, udah pesimis banget. Tapi tetep kepo dan berharap-harap cemas nunggu pengumuman kelulusan.

SELEKSI 3 SKB (SELEKSI KOMPETENSI BIDANG)

Alhamdulillah aku lolos, hal yang ya ampun masak sih, kok bisa sih, ah bercanda nih panitianya. Seneng tapi bingung. Di SKB ini kabarnya bakal di tes soal pengetahuan tentang KKP dan jabatan yang dilamar. Aku ga belajar banyak, Cuma browsing-browsing tentang visi misi KKP dan alat-alat tangkap ikan hehehe.

TES SKB HARI 1
Tes hari pertama ini adalah tes tulis, diantaranya :
1.       CAT untuk pengetahuan mengenai KKP dan jabatan yang dilamar
2.       Tes gambar
3.       Tes Koran
Tes-tes itu nonstop selama 5 jam, jadi melewatkan 1 waktu sholat. Ya Allah merasa bersalah banget. Panitia juga berat buat bikin keputusan ini. Tapi emang karena sistemnya computerized  jadi susah kalo mau dipotong. Ini harusnya bisa jadi evaluasi buat pelaksanaan tes CPNS selanjutnya.

TES SKB HARI 2
Tes hari kedua ini tes wawancara. Kami diwawancarai satu persatu oleh 2 orang sekaligus, yaitu psikolog dan pejabat eselon tingkat II yang besok bakal jadi atasan langsung. Secara keseluruhan hal yang ditanyakan adalah tentang kepribadian dan pengetahuan dasar.
PENGUMUMAN AKHIR
Kalian tau nggak? Aku mau nulis bagian ini rasanya merinding banget. Tapi aku bener-bener rela, semua udah jadi ketetapan Allah, tempat aku bersandar.
Alhamdulillah aku rangking 1 di formasiku, dan yang dibutuhkan 2 orang. Tapi aku nggak lolos. You know why?

1.       Peraturan panitia berdasarkan sama peraturan PANSELNAS 2017 dimana disana disebutin kalau yang lolos jadi CPNS adalah dia yang punya nilai terbaik dan memenuhi jumlah formasi.
2.       Suddenly, peraturan itu berubah ketika mau pengumuman, dan ga sesuai sama peraturan panselnas, dimana semua berdasarkan rekomendasi psikolog.
3.       Jadi, kalo ga direkomendasikan sama psikolog yang ngewawancarain kemarin, ya ga lolos. Istilahnya TDR = Tidak direkomendasikan.
4.       Ini hal yang janggal menurutku, karena peraturan awal itu tes TKD bobotnya 40%, tes SKB bobotnya 60%. Tapi entah kenapa semua menjadi tidak berbobot lagi karena mendadak rekomendasi psikolog berbobot 100%. (terus ngapain pake TKD sama SKB segala? Langsung ketemu psikolog aja udah beres, hehehe)
Aku nangis bener-bener sampai digedor orang, kecewa sama diri sendiri. Tapi ga lama, terus udah. Pasrah, yakin ini semua udah jalan Allah. Aku merasa waktu itu aku kayak dihujani banyak masalah, dimana Bapak dioperasi, aku harus resign dari tempat kerja tapi susah, dan sekarang pengumuman yang kayak begini. Satu hal yang menguatkanku adalah bahwa aku nggak boleh kecewa, kalau aku kecewa berarti aku nggak menyandarkan segalanya pada Allah, dan aku juga ga boleh menyerah karena rejeki ku telah dijamin dan Allah sendiri yang bilang bahkan ada di 90 ayat.

CERITAKU BELUM BERAKHIR

Aku udah mulai tenang, aku berhasil keluar dari tempat kerja yang mengharuskanku kerja dari jam 8-6 malam (but in fact, jam 6 itu kerjaan belum kelar, jadi pasti lembur biasanya sampai jam 8 malem). Beberapa hari kemudian ada message FB, dari seseorang yang bernasib sama, dia punya nilai tertinggi tapi nggak lolos CPNS. Aku di invite ke grup WA yang isinya anak-anak TDR, kami bergerak untuk menuntut revisi pengumuman hasil akhir.
Aku nggak nyangka ternyata bukan Cuma aku yang sedih dengan keputusan yang menurutku nggak adil. Lalu kami bergerak sendiri di daerah masing-masing, tapi juga barengan lapor ke lembaga-lembaga diantaranya :
1.       SDM KKP
2.       Ombudsman
3.       BPKP
4.       PANSELNAS
Sampai saat ini respon dari KKP belum memuaskan, bahkan mereka sangat yakin bahwa sistem yang mereka jalankan sudah benar, tidak dapat digugat. (ini hasil ketemu langsung ke panitia di Jakarta, yang kesana anak TDR domisili Jakarta). Dari Panselnas sendiri memfasilitasi untuk ketemuan antara anak-anak TDR sama KKP, tapi di grup sepi, jadi kayanya mereka udah ga mood ketemu panitia KKP lagi karena memang dari awal udah dijelasin gitu.
Yang kami kejar saat ini adalah ombudsman dan BPKP. Doakan kami ya. Jujur, aku pasrahin semua sama Allah. Aku nggak menggebu mengejar, tapi setidaknya aku berusaha.
Segitu dulu ya ceritanya, besok kalau ketemu kita bisa ngobrolin lebih lengkap lagi.
Semoga harimu menyenangkan readers,

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

CONVERSATION

4 komentar:

  1. amazing experience
    i am sorry to hear that
    suka dibagian tawakal, ga boleh kecewa sama keputusan Alloh

    BalasHapus
  2. sekarang saya bekerja di tempat yang lebih baik menurut Allah mas

    BalasHapus

Back
to top