Jobseeker Journey #1 Seleksi Nasmoco

Good morning fortune seeker,
Hari ini nindina mau share pengalaman seleksi tes psikotes dan wawancara di PT Nasmoco Semarang.
Ini pengalaman pertamaku mengikuti tes kerja. Aku belum pernah mengikuti tes kerja sebelumnya.
Oke, cabz.

Aku mendaftarkan diri di ECC UGM. Ada lowongan Nasmoco, aku apply posisi HRD Supervisor. Tanggal 22 Februari aku dapet sms suruh ikut seleksi tanggal 24 di UTY Jogja. Disitu tidak tertera tes nya apa aja. Apakah Cuma psikotes, apa langsung sama wawancara. Aku sebenernya pengen pindah ke posisi Management Trainee soalnya lebih menjanjikan, terus aku telfon bagian HRD di Semarang, katanya bisa pindah posisi. Aku juga nanya, itu tesnya psikotes aja apa sama wawancara, tapi dari sananya tidak menjelaskan, hanya bilang kalau besok bakal dijelasin di tkp.

Tanggal 23 malem aku belajar psikotes, belajar deret angka, dll. Nggak belajar materi buat wawancara, karena entah kenapa aku yakin kalau aku gabakal lolos psikotes. Aku tes jam 10 karena aku masuk kelompok batch 2. Karena rumahku jauh, aku dari rumah jam 8 pagi, sampai sana jam 9.15an. cukup jauh kaaaaaan? Aku diam diri di parkiran sebentar sambil baca-baca profil nasmoco, lalu jam 10 kurang aku menuju ke ruangan. Ruangannya ada di lantai 3 di ruang sidang UTY. Disana ada banyak jobseeker (eh bukan ding, fortune seeker) yang membuatku mendadak pasrah, pesimis bisa ngalahin mereka semua. 

Waktu psikotes akhirnya tiba. Soal psikotes nya meliputi sinonim antonym, gambar jungkir balik, deret angka, perkalian pembagian penjumlahan, dll. Yang jelas gaada tes Koran dan tes ngegambar. Psikotes nya menurutku tidak standar soalnya lembar soal Cuma difotokopi dan ga jelas. Angka-angkanya nggak jelas, ngeblur, nggak keliatan. Udah kayak cetakan lawaaaas banget. Terus lembar jawabnya juga bikin bingung, diisinya pakai pulpen.

Psikotes selesai. Laper banget rasanya. Lemes ngerjain soal sebegitu banyaknya, dikejar waktu. Dari pihak HRD mengumumkan kalau hasil psikotes bisa dilihat jam 1, yang lolos psikotes langsung tes wawancara. Alhamdulillah aku sempat baca-baca review dari peserta psikotes di web kalau abis psikotes itu laper, jadi aku sempat beli nasi bungkus dulu. Keluar dari ruangan aku ke parkiran terus makan wkwkwkwk. Ya Allah nikmaaaat banget rasanya meskipun bukan makanan mewah. 

Jam 1 aku kembali ke lantai 3, ternyata pengumuman belum keluar. Pengumuman baru keluar sekitar puku 13.30. Dan tanpa diduga-duga, aku lolos. Dari kurang lebih 100 peserta di batchku, yang lolos ke wawancara sebanyak 55an peserta. HP ku lowbatt (as usual), mau browsing soal profil Nasmoco udah gabisa, udah low batt banget. Akhirnya aku pasrah.

Tak berapa lama menunggu di depan ruang wawancara, namaku dipanggil. Satu ruangan terdiri dari 4 atau 5 meja, setiap meja 1 pewawancara dan 1 peserta. Aku menyerahkan cv serta transkrip nilai dan SKL kepada pewawancara, lalu wawancara dimulai. Kira-kira begini isi wawancaranya :
1. Sudah yakin melamar HRD Supervisor? Kenapa? (Sayangnya aku jawab YA, padahal kalau aku mau pindah posisi ke Management Trainee harusnya jawabanku TIDAK)
2. Memperkenalkan diri
3. Kenapa milih jurusan manajemen keuangan pas kuliah?
4. Kenapa sekarang ngelamar HRD? Kan jauh banget
5. Kenapa ngelamar di perusahaan ini?
Yang inget Cuma itu aja pertanyaannya wkwkwk. Yang paling ngena pertanyaan-pertanyaan itu. Pewawancaranya Cuma senyum-senyum denger jawabanku. Kayaknya karena jawabanku terlalu standar atau terlalu tolol aku juga bingung wkwkwk. 

Wawancara Cuma sebentar, mungkin 5 menit. Lalu pengumuman hasil wawancara diumumkan jam 3 sore. Aku nggak lolos. HRD Supervisor yang lolos hanya 1 orang di batch ku. Total yang lolos seleksi wawancara kalau ga salah hanya 9 orang. Allah punya jalan lain, rejeki ku bukan di Nasmoco. Buat kalian yang esok mau seleksi Nasmoco, semangat ya. Persiapkan diri, fisik, materi-materi. Jangan lupa, ikhtiar itu gaakan bernilai tanpa doa. Doa kalian sendiri, doa kedua orang tua. Jangan menyerah. Allah selalu mendatangkan rejeki dari arah yang tak terduga-duga. Aku saat nulis post ini juga masih berjuang, insyaallah beberapa hari lagi akan seleksi PT PJB. Doakan aku yaaaaaa. Semangat!!! 

CONVERSATION

8 komentar:

Back
to top