Management Trainee PT POS Indonesia


Rekrutmen Management Trainee PT POS Indonesia

Assalamualaikum semuanya
Siang ini nindina mau share tentang pengalaman mengikuti MT Pos tahun 2018 ini. Jadi untuk periode ini, jabatan yang dibuka adalah posisi auditor, analis, dan manajer UPT. UPT itu kayak kantor pos tingkat kabupaten/kota gitu. UPT itu ada 5 tipe dari A-E (dari terbaik sampai baik). Karena aku belum pernah punya pengalaman tentang auditor dan analis, aku akhirnya nekat melamar posisi manajer, ya daripada ga nyoba sih ya. Bismillah.
Tahapan seleksi yang ada di MT Pos adalah :
1.       Tes administrasi
Di tes administrasi ini, aku diminta untuk mengupload berkas seperti ijazah, transkrip nilai, Surat keterangan bebas narkoba, SKCK, dan surat kesehatan. Setelah upload kelengkapan, aku diminta untuk mengirimkan berkas ke kantor pusat POS di Bandung.
2.       Tes online
Tes online aku lakukan setelah mendapatkan email lolos. Materi tes online diantaranya : matematika, bacaan bahasa indonesia, grafik-grafik tentang presentase, terus apa lagi ya aku lupa, yang jelas gaada bahasa inggrisnya.
3.       Re-test
Di re-test ini kami diminta datang ke tempat yang telah diberitahukan oleh panitia sebelumnya dengan biaya sendiri. Disana aku mengerjakan soal yang bisa dibilang 80% mirip sama soal yang aku kerjain saat tes online.
4.       Psikotest
Beberapa hari setelah re-test, aku mendapat email lolos dan harus mengikuti psikotest dengan beberapa tes :
-          Tes potensi akademik
-          Tes kepribadian
-          Wartegg
-          Gambar pohon
-          Tes koran
Psikotest ini bener-bener kayak momok bagi aku waktu itu, karena sainganku benar-benar orang yang perfecto sedangkan akumah apaa.
5.       Wawancara
Alhamdulillah aku lolos di tahap psikotes ini. Hari berikutnya aku lanjut ke tahap wawancara. Saat wawancara, pertanyaan yang umum ditanyakan adanya :
-          Perkenalan diri
-          Aktivitas sehari-hari termasuk saat kuliah
-          Tentang skripsi
-          Pernah melayani pelanggan apa nggak, cara melayani gimana
-          Mata kuliah kesukaan apa, kesulitan pas kuliah apa
-          Pernah ada masalah sama bos apa nggak
-          Siap ditempatkan ke seluruh Indonesia nggak? Pertanyaan ini benar-benar ditanya sampai aku merasa tersudut. Ditanya terus sampai aku tersudut. Misal gini : kamu siap ditempatkan di daerah A (daerah 3T)?| Siap. | kalau suamimu di daerah B kamu gimana?| kalau suamimu ga mau ikut kamu gimana?| dll
-          Dst, aku saranin kalian beli e-book teddy diego yang banyak beredar di instagram. Aku nggak promosi atau apa, tapi emang bener di e-book itu hampir 80% pertanyaannya keluar, dan alhamdulillah aku bisa jawab dengan lancar. Serius kalian harus beli. Awalnya aku gamau beli karena udah pasti Cuma e-book kayak yang ada di gramed atau toko lain, tapi e-book ini ternyata beda karena dibikin sama pakarnya.
6.       Kesehatan
Hari berikutnya setelah tes wawancara adalah tes kesehatan. Tes kesehatan ini gratis, yang dites:
-          Tes urin
-          Tes darah
-          Tes paru-paru (rontgen)
-          Tes jantung (ekg)
-          Tes mata (fisus)
-          Tes buta warna, tensi darah, tinggi badan berat badan
7.       Pengumuman kelulusan
Pengumuman ini butuh waktu kira-kira 3 minggu, deg-degan pasti, tapi rejeki nggak kemana.

Setelah tahapan rekrutmen, tahapan berikutnya adalah pendidikan, yang meliputi :
1.       Pembinaan mental dan karakter
Guling-guling di lapangan, dibangunin jam 2 pagi, pelatihnya TNI. Kalian pasti udah kebayang lah serunya gimana hahaha

2.       In class training
Ini kayak kuliah gitu tapi khusus tentang pos. ICT ini kurang lebih 3 bulan, dan ada ujiannya, ada remidialnya juga.
3.       On the job training
Ini kita kayak training di kantor pos gitu, per kantor pos rata-rata 4 orang.
4.       Penugasan khusus
Katanya sih, penugasan khusus ini kayak skripsi, jadi kita ditempatkan di salah satu kantor pos, disuruh melakukan sebuah kegiatan terus besok dipresentasikan
5.       Pelantikan
……. dan penempatan, bismillah.

Kalian ga perlu khawatir, selama pendidikan tempat tinggal ditanggung. Kita disediakan asrama, laundry gratis, dikasih uang saku, seragam, dll.

Buat kalian yang sedang berjuang, kuncinya : YAKIN DAN PASRAH. Bismillah, semangaaaaat!!!!
Kalau mau nanya-nanya, bisa line aku ke : nindinatyas


CONVERSATION

2 komentar:

  1. bargabung di MT pos merupakan akselerasi karir manajerial ccok bgi fresh graduate yang ingin berkarir di usia muda

    BalasHapus
  2. Wawancara user di MT Pos indonesia itu seperti apa? Apakah MT saat itu ada wawancara user?

    BalasHapus

Back
to top