Wisata Alam Kawah Putih dan Danau Situ Patenggang (Patengan) Bandung Jawa Barat

Bismillah,
Akhirnya bisa nulis lagi, kemarin mau nulis tapi kehalang mager dan koneksi internet hehehe.
Kali ini Nindina mau cerita tentang Kawah Putih dan Situ Patenggang.

Kawah putih dan situ patenggang berada di daerah Ciwidey, Bandung. Aku kesana hari Minggu by car. You know lah, macet. Apalagi jalan naik menuju ke kawah putihnya. Jalan kecil, naik, dan berkelok, dan macet. Kalau kaca mobil dibuka, baunya kampas, serius nggak enak banget.

Saran pertama, jangan dateng pas weekend, boleh sih, tapi dari Bandung Kota kira-kira berangkat jam 5.30 pagi.
KAWAH PUTIH
Perjalanan menuju Ciwidey dari Bandung Kota sekitar 3 jam menggunakan motor (tergantung kecepatan) dan >3 jam kalau pake mobil. Kalau ke kawah putih, usahakan sampai sana siang. Jangan sore. Karena kalau sore kabut udah turun, jadi kawahnya ketutup kabut semua, belerang juga menyengat banget. Kalau pagi atau siang dan nggak mendung, pemandangannya masyaallah syekali saudara saudaraa. 
 Biaya masuk ke kawah putih adalah Rp18000/orang. Itu belum termasuk kunjungan ke kawah. Kalau mau ke kawah kayak foto diatas, harus naik angkutan, kalo ga salah bayar Rp12000/orang. Angkutannya kayak angkot gitu, dan baru berangkat ketika angkotnya penuh (12 orang). Perjalanan dari pos pembayaran atau tempat parkir sampai ke kawah kira-kira 5km. Kalau mau bawa mobil sendiri juga boleh. Biayanya Rp150.000/mobil. Nindina bawa mobil ke atas, soalnya lebih aman juga.
Sampai di atas, pihak operasional mengumumkan kalau jangka waktu kunjungan di kawah sekitar 15 menit, soalnya bau belerang, jadi paling aman 15 menit. DAN PAKE MASKER.
Saran kedua, bawa masker dari rumah, masker disana harganya Rp5000/biji
di kawah putih ada gardu pandang untuk lansia gitu, jadi ga perlu capek-capek naik-turun tangga. Ada juga jasa foto, Rp10.000/jepretan.





 Nah, begitulah kira-kira perjalananku ke kawah putih. Ada pertanyaan? Line ID : nindinatyas email : anindiajontor@gmail.com
Post berikutnya tentang danau situ patengan, dan hamparan kebun teh

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top