Hubungan antara Project Human Resource dengan Project Stakeholder

Korelasi antara Project Human Resource Management dengan Project Stakeholder Management

https://www.linkedin.com/pulse/stakeholder-identification-analysis-why-so-important-siyana-sokolova
Project HRM adalah suatu proses yang diprlukan untuk membuat Sumber Daya Manusia bekerja secara efektif dalam proyek. Project HRM ini penting agar organisasi dapat proaktif dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Sedangkan Project Stakeholder Management merupakan proses untuk mengidentifikasi individu, kelompok, atau organisasi yang dapat memengaruhi atau dipengaruhi oleh proyek, untuk menganalisa harapan stakeholder dan pengaruhnya terhadap proyek, dan untuk mengembangkan strategi manajemen untuk keterlibatan efektif stakeholder pada keputusan proyek dan eksekusi proyek.  
Sifat dan jumlah stakeholder proyek akan sering berubah sejalan dengan pengembangan proyek yang bergeraj dari fase ke fase dalam siklus hidup proyek. Sehingga dari pihak project HRM harus menetapkan teknik yang efektif, karena fase satu dengan fase yang lain akan memiliki teknik yang berbeda. Teknik yang diterapkan harus sesuai dengan kebutuhan proyek.Stakeholder memerlukan project HRM untuk melakukan perjanjian perundingan bersama (berupa perjanjian kontrak dengan serikat pekerja atau kelompok kerja lainnya)

Kesimpulannya, hubungan antara kedua project management tersebut adalah bahwa Project HRM diperlukan untuk menganalisis keinginan stakeholder dan menjaga hubungan dengan stakeholder. Sedangkan stakeholder memerlukan project HRM untuk memantau dan mengetahui perkembangan proyek, sehingga keduanya saling berhubungan. Tim dan stakeholder proyek harus memiliki pemahaman yang sama sehingga pencapaian tujuan proyek dapat maksimal. Tim project HRM harus mengkoordinasikan sumber daya manusia yang ada agar bekerja dengan baik dan memenuhi harapan para stakeholder.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top