HARI PERTAMA MAGANG

My First Day Internship Activities


Selamat Pagi Semuanyaaaaaah
Post ini ditulis ketika waktu senggang di sebuah kantor telekomunikasi di Yogyakarta. Sesuai judul, disini aku mau nyeritain pengalaman pertamaku magang (praktek kerja lapangan).
Di Fakultasku (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) kegiatan magang diwajibkan untuk mahasiswa semester 6 yang telah memenuhi 95 sks. Kegiatan magang ini diurus sendiri (milih perusahaan sendiri, wira-wiri ke secretariat buat ngurus surat sendiri, ke perusahaan ngurus surat sendiri) pokoknya mandiri. Kegiatan magang ini dilaksanakan selama 30 hari kerja. Oke, mulai dari pengurusan surat pengantar magang.
Material Requirement for the Company:
1.  Surat pengantar dari kampus untuk perusahaan yang dituju. (Disini aku melamar ke Telkom Yogyakarta)
2.   Kartu Mahasiswa
Abis itu, surat pengantar dan kartu mahasiswa diserahkan ke bagian HRD. Di bagian HRD aku bertemu dengan Bapak Ismail. Sekitar 30 hari kemudian, Telkom memberikan jawaban atas lamaran kita. Jawaban bisa berupa email, surat balasan langsung ke universitas, atau sms. Karena aku menemui Pak Ismail langsung, maka aku kembali menemui beliau untuk mendapatkan jawaban. Setelah mendapatkan jawaban “boleh”, pihak Telkom memberikan surat tanda penerimaan magang yang kemudian aku bawa balik Bandung untuk diserahkan ke Sekretariat kampus.
Setelah surat dari perusahaan diserahkan ke kampus, kampus menyiapkan seorang dosen untuk membimbing magang melalui surat tugas.
Selesai J

NOTE :
Seluruh surat (surat pengantar dari kampus, surat penerimaan dari perusahaan, dan surat-surat lain, HARUS DIFOTOCOPY, karena akan sangat diperlukan nantinya).



The Day
Di dalam surat penerimaan, tertulis tata tertib yang harus ditaati oleh para peserta magang. Diantaranya dresscode dan jam kerja. Dresscode di Telkom bawahan hitam, atasan rapi. Karena ini hari pertama, dan belum tau sikonnya gimana, aku sama Willy pake bawahan hitam, atasan putih, jilbab hitam (segiempat), sepatu flat hitam tertutup. Jam kerja dari jam 8 sampai jam 5 sore.
Setelah sampai ke kantor, tujuan pertama kami adalah menemui bagian HRD, yaitu Pak Ismail. Disini Pak Ismail meminta Kartu Mahasiswa kami dan Memberikan nametag peserta magang.
Setelah itu Pak Ismail mengantarkan kami ke bagian Consumer Service (CS). Bayanganku, CS adalah seseorang yang bekerja di bagian depan untuk melayani customer, ternyata tidak. Bagian Consumer Service berbeda dengan bagian Customer Service. Bagian Consumer Service ini terdiri dari Home Service dan Personal Service. Consumer Service ini lebih ke bagian marketing. Aku ditempatkan di divisi Home Service.
Kebetulan hari itu, pihak CSHS (Consumer Service – Home Service) akan mengadakan rapat, sehingga kami diminta untuk ikut bergabung dalam rapat. Setelah rapat, kami diperkenalkan dengan Bu Diah yang super baik dan cantik yang membimbing kami untuk mempelajari produk baru Telkom dan melatih kami untuk melakukan telemarketing (telfon).
Setelah beberapa jam belajar ilmu telemarketing dari ahlinya, kami lalu praktik, kami menelfon customer satu per satu untuk menawarkan produk baru. Grogi, takut ditolak sama customer, gemeteran, bahkan keringat dingin. Lalu akhirnya semua itu terlewati. Yaaa meskipun banyak customer yang marah-marah, mengeluh, bahkan enggan buat ngangkat telfon. 
Setelah semua list customer selesai dikerjakan, dan waktu sudah menunjukkan hampir pukul 5, we go home.
Capek sih, tapi semua terbayarkan dengan semua kesenangan dan ilmu yang didapatkan. Like my mom said, “kerja itu seneng”. Mulai bisa mengerti maksud beliau sih, semua pekerjaan, disukai atau tidak, selama dikerjakan dengan hati lama-lama akan jatuh cinta. Pada akhirnya akan menyenangkan dan dapet rizki yang penuh barokah.

NOTE :
Sebagai mahasiswa magang, kita harus bersikap PROAKTIF. Ketika satu pekerjaan selesai, kita mencari pembimbing magang untuk menanyakan apa pekerjaan selanjutnya. Tidak hanya duduk sambil main HP, tapi selalu aktif bekerja. Mengerjakan pekerjaan dengan tepat, cepat, dan sempurna.
Seragam di Telkom ternyata tidak harus hitam putih untuk peserta magang. Seragam harus fun, tapi WAJIB SOPAN. Dan untuk minggu ini, seragam Telkom Jogja adalah batik, jadi  aku pake rok hitam, baju batik, dan jilbab pashmina soft gold. 

#hari kedua pekerjaan kami sangat banyak, tapi tetep fun


CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top